Bintek dan Pelatihan Menulis Kreatif Tabloid CAKRA Banten & PGRI Berjalan Sukses
Bintek dan Pelatihan Menulis Kreatif Tabloid CAKRA Banten & PGRI Berjalan Sukses
Mon, 8 July 2024 10:48
IMG-20240323-WA0008

cakrabanten.co.id, Kabupaten Tangerang,-Pada Kamis, 21 Maret 2024, Aula Kampus Pramita Indonedia Binong menjadi saksi pelaksanaan Bintek dan Pelatihan Menulis Kreatif yang diselenggarakan oleh Tabloid Pendidikan CAKRA Banten, Universitas Pramita Indonedia, dan PGRI Kabupaten Tangerang. Dalam kesempatan ini, panitia Bimtek mempercayakan kepada Nabilah Rizki, sebagai MC belia, seorang mahasiswi semester 4 dari Kampus Unpri, jurusan Ilmu Komunikasi.

Acara ini berhasil menarik perhatian para peserta dari berbagai organisasi dan berbagai jenjang kalangan guru anggota PGRI dari 29 kecamatan, yang turut hadir dalam kegiatan yang berlangsung sukses ini. Sebanyak tiga pemateri berkualitas diundang untuk berbagi pengetahuan mereka. Pertama, Drs. Edy Kusmaya, M.Pd, Pemimpin Redaksi Tabloid Cakra Banten, memberikan wawasan tentang pentingnya menulis kreatif dalam publikasi dunia pendidikan. Kedua, Mohamad Rezal Comendo, SE, MM, Direktur Pengembangan Usaha dan Pemasaran Universitas Pramita Indonesia, memberikan perspektif tentang keterkaitan antara menulis kreatif, publikasi digital dan pengembangan diri.

Sementara itu, Cucu Saefullah, S.Pd.I, sebagai pemateri dari Dinas Pendidikan Kab. Tangerang berhalang hadir, sehingga moderator yang dibawakan oleh Lia Nurmala, S.Pd, mengubah sesi acara dengan ruang dialog dan tanya jawab dengan kedua narasumber tersebut. Edy Kusmaya memberi kesempatan peserta untuk melontarkan pertanyaan, dan kepada si penaya pemateri pertama tersebut langsung memberikan tips praktis dalam membuat karya tulis, dimana tema pertanyaan yang diajukan dari penanya langsung ditugaskan untuk dijadikan tema bahasan tulisan yang harus segera dibuat, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif bagi para peserta.

Acara dimulai pukul 14:00 dan berlangsung hingga acara buka bersama, menciptakan suasana yang hangat dan mempererat hubungan antar peserta. Melalui kolaborasi yang baik antara Tabloid Pendidikan CAKRA Banten, Universitas Pramita Indonedia, dan PGRI Kabupaten Tangerang, acara ini tidak hanya memberikan wawasan baru tetapi juga memperkuat jaringan komunitas pendidikan di wilayah tersebut. Semoga kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

 

Pemimpin Perusahaan Tabloid Pendidikan CAKRA Banten, Endang Supriatna, S.Pd, MM saat menyampaikan sambutannya mengatakan, bahwa pendidikan yang berkualitas merupakan hasil dari sistem dan SDM yang berkualitas. Sementara SDM yang berkualitas tercipta dari guru yang berkualitas, sedangkan adanya guru yang berkualitas terbentuk melalui literasi yang kaya akan informasi dan pengetahuan yang luas. Lembaga pendidikan yang berkualitas berakar dari manajemen pendidikan yang komprehensif. Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan komprehensif, Tabloid Pendidikan Cakra Banten berkolaborasi dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Universitas Pramita Indonesia, sebagai strategi meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik.

Pada tanggal 21 Maret 2024, kolaborasi tersebut menyelenggarakan program Bimbingan Teknis dan Pelatihan Menulis bagi anggota PGRI dari 29 kecamatan Sekabupaten Tangerang, yang terdiri dari para guru dan pengurus IGTK, HIMPAUDI, IGRA, serta para guru tingkat Sekolah Dasar (SD). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan membaca di kalangan pendidik.

Pimpinan Perusahaan Tabloid Pendidikan Cakra Banten, Endang Supriatna, S.Pd, MM, sebagai inisiator acara tersebut, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa minat membaca dan menulis saat ini mengkhawatirkan, dan diperlukan perhatian dan kerjasama dari semua pihak untuk meningkatkan kualitas lulusan di berbagai jenjang pendidikan. Ia menegaskan bahwa ilmu hanya bisa diperoleh melalui proses membaca, sejalan dengan filosofi Tabloid Cakra yang mengartikan belajar sebagai proses membaca atau iqra.

Peserta Bintek / pelatihan menulis

Kegiatan ini ditekankan dengan tagline Tabloid Cakra Banten yang mengusung visi dan misi sebagai media Edukasi, Motivasi, Inspirasi, Referensi, dan Religi, sebagai panduan pembelajaran yang komprehensif dan berkualitas.

Sementara itu, dalam sesi sambutannya Rektor Universitas Pramita Indonesia, Dr. Zalzulifa, M.Si, dengan tegas menyatakan bahwa kerjasama dengan Tabloid Cakra Banten dan PGRI memiliki tujuan yang sangat penting dalam mewujudkan visi Kampus Literasi, terutama melalui Pramita Press sebagai pusat literasi, termasuk pengembangan buku digital. Pada pertemuan selanjutnya, diharapkan dapat diselenggarakan pelatihan buku elektronik untuk lebih meningkatkan kualitas literasi. Dengan mengikuti jejak UIN sebagai penerbit, kolaborasi dengan Cakra diharapkan dapat mendorong tagline “bangun desa untuk dunia”. Rektor juga mengungkapkan keprihatinan atas minat anak muda yang lebih condong kepada produk luar, seperti McDonald’s, yang menggeser keberadaan merek lokal seperti Mbok Bereh dan Ayam Suharti yang berperan penting dalam membangun pariwisata kuliner Indonesia. Melalui kolaborasi dengan Cakra, diharapkan sudut pandang ini dapat berubah, sehingga Indonesia dapat menjadi pemain global dalam dunia kuliner dan butuh publikasi untuk mencapai hal tersebut. Pramita siap menjadi rumah bagi guru dan penulis dalam memperkuat literasi dan publikasi pendidikan, sebagai bagian dari upaya bersama untuk memajukan bangsa melalui pengetahuan dan kreativitas.

Sementara Sekretaris PGRI Kabupaten Tangerang, Edi Cahyadinata, M.Pd, dalam sesi sambutannya, mewakili Ketua PGRI Kab. Tangerang dengan tegas dan lugas mengapresiasi jalinan kerjasama PGRI dengan Tabloid Pendidikan Cakra Banten sebagai wadah penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kerjasama antara Tabloid Cakra dan PGRI menjadi harapan bagi tersedianya platform untuk karya tulis guru dan siswa, dimana saat ini PGRI Kab. Tangerang telah memiliki lebih dari 160 karya tulis karya anggota PGRI yang direncanakan akan segera dicetak sekitar 10 ribu buku cetak dan rencananya akan dibagikan kepada anggota PGRI di 29 kecamatan. Pelatihan menulis yang dihadiri oleh beragam guru dari berbagai tingkatan pendidikan menjadi bukti nyata akan pentingnya upaya ini. Saat Edi Cahyadinata naik podium untuk menyampaikan sambutan, Ketua PGRI Kab. Tangerang, Bibing Sudarman, M.Pd sebelumnya sempat berkabar berhalangan hadir, namun amanatnya menyampaikan terima kasih kepada Tabloid Cakra dan Unpri, yang memfasilitasi kegiatan penting ini. Edi Cahyadinata menekankan bahwa PGRI sebagai rumah guru harus mendukung komitmen Tabloid Cakra dalam membangun dunia pendidikan, dengan meningkatkan minat membaca, menulis, dan publikasi pendidikan yang positif. Kerjasama ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, terutama oleh Kasi Publikasi Dan Informasi PGRI, sebagai sarana untuk meningkatkan mutu dan publikasi pendidikan.

Enjat Sudrajat, Pustakawan Ahli Pertama dari
Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang

Sedangkan pada sesi sambutan yang keempat, mewakili Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Tangerang,dalam materi sambutannya, Enjat Sudrajat, Pustakawan Ahli Pertama dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang, mengungkapkan kepuasannya atas kemitraan yang sudah terjalin lebih dari 7 tahun dengan Tabloid Pendidikan Cakra Banten, yang dulunya dikenal sebagai Pendidikan Nasional atau TAPeN. Atas nama Kadis Perpustakaan dan Arsip, Enjat menyampaikan terima kasih atas dukungan dalam pelatihan dan bimbingan teknis menulis bagi guru-guru dan anggota PGRI, yang diselenggarakan oleh Tabloid CAKRA bekerjasama dengan PGRI dan Universitas Pramita Indonesia.

Dia menegaskan kesiapan Dinas Perpustakaan untuk berkolaborasi dengan PGRI dan Tabloid CAKRA dalam memfasilitasi, menampung karya tulis para guru pelajar dan mahasiswa sebagai upaya mempertahankan kearipan lokal, termasuk mempertahankan peran media cetak serta menggali cerita rakyat yang berkaitan dengan sejarah Tangerang. Enjat juga memberikan saran bagi penulis pemula, bahwa awal mula menulis yang paling mudah adalah melalui komunikasi di media sosial seperti WhatsApp, Facebook, atau melalui catatan harian.

Dalam upaya meningkatkan minat baca, Dinas Perpustakaan menyelenggarakan berbagai lomba menulis dengan tema yang beragam, bekerja sama dengan berbagai pihak terkait. Enjat juga mengungkapkan bahwa indeks pembangunan literasi di Kabupaten Tangerang masih berada di posisi terbawah dibandingkan daerah lainnya.

Saat ini, Perpustakaan telah aktif menyediakan layanan literasi, termasuk pembentukan perpustakaan digital di sekolah-sekolah. Program Pustaka Gemilang juga menjadi salah satu upaya pelayanan kepada masyarakat. Dengan melihat keseriusan PGRI dalam menyalurkan karya para guru dan anggota PGRI, Perpustakaan siap untuk membeli buku-buku yang diterbitkan oleh PGRI, khususnya yang terkait dengan pembelajaran.

Selain itu, Enjat menekankan pentingnya cerita rakyat tentang Tangerang sebagai warisan yang dapat diwariskan dan dipertanggungjawabkan bagi masyarakat, sehingga menjadi salah satu fokus koleksi perpustakaan.

Ichwan N Soebadio
Ketua Dewan Pembina Yayasan Citra Pramita Tangerang

Sementara Ichwan N Soebadio, seorang tokoh pendidikan, yang tak hanya dikenal sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Citra Pramita Tangerang, tetapi juga sebagai pionir dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Pada sesi sambutan penutup, di acara Bintek Dan Pelatihan Menulis Kreatif Dalam Pengembangan Publikasi Pendidikan, dia dengan antusias menyambut perjanjian kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) antara Tabloid Pendidikan Cakra Banten dan Universitas Pramita Indonesia dan PGRI Kabupaten Tangerang tersebut.

Bagi Ichwan N Soebadio, kerjasama ini bukan sekadar kolaborasi biasa. Baginya, ini adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, memajukan lembaga dan organisasi, serta memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan menggali potensi Sumber Daya Alam Indonesia yang kaya akan kekayaan hutan dan lautnya.

Dengan sinergi antara Tabloid Pendidikan Cakra Banten dan Universitas Pramita Indonesia, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mengoptimalkan potensi dan keberlanjutan sumber daya alam yang melimpah di Indonesia. Ichwan N Soebadio percaya bahwa melalui kolaborasi ini, kita dapat menciptakan perubahan yang berkelanjutan dalam dunia pendidikan dan pembangunan.

Setelah berhasil menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pelatihan Menulis kepada para guru anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ichwan N Soebadio memiliki visi yang jelas untuk masa depan. Dia berharap agar kegiatan pelatihan terkait publishing, printing, seminar, Inkubator Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta Penasihat Bisnis Digital segera terlaksana.

RedaksiĀ  Tabloid Pendidikan Cakra Banten bersama Rektor Universitas Pramita Indonesia

Dengan demikian, upaya ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di zaman teknologi informasi saat ini, tetapi juga untuk mendukung pengembangan potensi bisnis lokal. Ichwan N Soebadio yakin bahwa melalui pendidikan dan pelatihan yang terarah, kita dapat menciptakan SDM yang tangguh dan mampu bersaing di era digital ini.

Dalam pandangan Ichwan N Soebadio, investasi dalam pendidikan dan pembangunan merupakan investasi jangka panjang yang akan membawa dampak positif bagi generasi masa depan. Oleh karena itu, kolaborasi antara Tabloid Pendidikan Cakra Banten dan Universitas Pramita Indonesia adalah langkah awal yang sangat penting dalam mewujudkan visi tersebut. (Awn)

Unpri on Media

Komentar

Tidak ada komentar

Tulis Komentar

Artikel Lainnya

Mempertahankan Relevansi Media Konvensional dalam Pendidikan
Kabupaten Tangerang, CAKRA Banten,-Dunia pendidikan telah menjadi saksi dari per...
Mon, 8 July 2024 | 10:46
Strategi Baru PIU : Beda Competition dengan Coopetition
CAKRA Banten, Kab. Tangerang,- Dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan, Univers...
Mon, 8 July 2024 | 10:43
PRAMITANS, TIPS DORONG WARGA DESA MENULIS
Kolaborasi Pramita, PGRI dan Cakra Banten. cakrabanten.co.id, Tangerang,- Sejati...
Sun, 7 July 2024 | 10:49
Silaturahmi Para Pimpinan Universitas Pramita Indonesia dan Swiss German University
Rabu 3 April 2024, para pimpinan Universitas Pramita Indonesia (Unpri) dan Swiss...
Sat, 15 June 2024 | 12:30