1. Bentuk Lambang

Lambang Universitas Pramita Indonesia (UNPRI) adalah gambar Makuta Kancana Bhuwana dan Perisai Tri Darma Perguruan Tinggi dengan latar Motif Burung Rajawali di atas Pita Prasasti bertuliskan “UNIVERSITAS PRAMITA INDONESIA”

 

  1. Arti FIlosofis
  • Makuta Kencana Bhuwana yang berarti Mahkota Kemuliaan Tanah Air, adalah symbol dari nilai-nilai luhur yang mencerminkan Kehormatan dan Kemuliaan Bangsa/Negara menurut Kehendak Allah SWT. Pada mahkota terdapat Turida (hiasan utama pada bagian depan mahkota raja-raja Indonesia klasik) bertatahkan 5 buah batu permata. Simbol ini mengisyaratkan 2 hakikat:

 

Pertama, menunjukan karakteristik dari sosok ideal mahasiswa dan lulusan Universitas yang ingin diwujudkan, yaitu:

  1. Beriman, bertakwa dan berakhlak mulia sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan Rasul-Nya
  2. Berkemampuan akademik tinggi (dalam disiplin ilmunya), serta memegang teguh etika dan budaya ilmiah
  3. Berkinerja dan berkeahlian ulung dalam lapangan kerja yang kompetetif
  4. Berkarakter unggul dan teladan sebagai pemimpin sekaligus wirausahawan yang tangguh, inovatif dan dinamis dalam kehidupan global, plural dan syarat perubahan
  5. Berdaya tahan kuat, sehat dan enerjik

 

Dalam Hymne dan Mars Universitas Pramita Indonesia, Kelima karakter di atas diungkapkan dengan sebutan “Putera Sejati”.

Kedua, dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat, karakteristik sosok ideal mahasiswa dan Lulusan Universitas Pramita Indonesia diperkaya dengan nilai-nilai kejuangan dan patriotisme dinamis sesuai dengan pandangan hidup Pancasila.

  • Perisai Tri Darma Perguruan Tinggi (dengan gambar 3 buah buku terbuka) adalah simbol yang mencerminkan komitmen, keunggulan dan kehandalan Universitas dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berdasarkan motivasi 3 kalimat motto atau Semboyan Universitas Pramita Indonesia yaitu yang berbunyi “Mengembangkan nilai yang baik, Memperjuangkan yang lebih baik, dan Mempersembahkan yang terbaik”. Gambar perisai yang menyangga mahkota melambangkan keberadaan dan peran Universitas Pramita Indonesia dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan, kejayaan, kesejahteraan dan kemuliaan Bangsa dan Negara.
  • Motif Burung Rajawali, dengan 2 sayap terbentang (serta 2 karakter impresi) menggambarkan makna kekuatan jiwa raga untuk maju, tumbuh dan berkembang (dalam aspek duniawi) disertai derajat keteguhan iman, kemuliaan akhlak dan amal shaleh serta keiklasan dalam mencapai ridho Allah (Aspek spiritual-ukhrawi). Keseluruhan karakter tersebut merupakan ciri kunci kepribadian dan budaya Universitas. Secara historis, 2 buah sayap menggambarkan keberadaan embrio pembentuk Universitas Pramita Indonesia, yaitu Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Pramita dan Sekolah tinggi Teknologi Pramita.
  • Pita Prasasti yang bertuliskan “UNIVERSITAS PRAMITA INDONESIA” dengan bentuk 3 lipatan menggambarkan kesatuan yang harmoni dan sinergis antar ketiga unsur esensial Universitas Pramita Indonesia yaitu Yayasan, Pimpinan/Karyawan/Dosen, dan Mahasiswa.

 

  1. Arti Candrasangkala

Detil-detil lambang secara spesifik menunjukan arti candrasangkala berdirinya secara legal Yayasan Citra Pramita pada tanggal 15 Juni 1994 sebagai Badan Hukum Penyelenggara Universitas Pramita Indonesia. Hal ini digambarkan dengan 15 buah jamang (hiasan mahkota dengan motif saluran bungai teratai), perisai berbentuk segi 6, 9 buah pangkal bulu pada motif sayap dan 4 buah pangkal bulu pada motif ekor Burung Rajawali.